Ini ada Sedikit Tips Merawat Kaca Mobil…

Sebagian besar pengguna mobil tidak paham jika kaca mobil yang dimilikinya sudah mengalami kerusakan (terdeformasi) atau jamur akan sulit diatasi. Atau bahkan tidak dapat di atasi atau di perbaiki.  Agar kaca tetap dalam kondisi yang baik, pengguna mobil perlu sekali merawat kaca kendaraannya secara berkala, bisa di lakukan sendiri ataupun di salon mobil terdekat.

Jenis Kaca Mobil

1. Temperred Glass (Temperlite)

Merupakan kaca biasa yang diperkeras dengan proses pemanasan sampai mencapai suhu 650°C. kemudian didinginkan seketika. Kaca jenis ini relatif sulit dipecahkan. karena memiliki kekuatan 3 kali lipat dari jenis kaca biasa, namun akan mudah pecah berkeping seperti kristal jika tertembus benda tajam melebihi seper enam tebal kaca tersebut.

Penggunaan kaca jenis temperlite

Digunakan untuk kaca samping dan belakang mobil. Faktor kaca samping dan belakang kendaraan menggunakan jenis temperred:

  • Jika kaca samping dan belakang mobil terkena benturan, maka tidak akan mudah pecah
  • Khusus untuk kendaraan Bus, jika terjadi keadaan genting/ urgent, kaca samping akan mudah di pecahkan dengan menggunakan alat pemecah yang biasa menempel di dinding BUS.

 

2. Laminated Glass (Lamisafe)

Jenis kaca ini terbentuk dari 3 lapisan material. Yaitu 2 kaca melapisi Film (Polyvinyl Butiral Film/PVB) yang berasa di lapisan tengah. Kekuatan jenis kaca ini terletak pada film nya yang sangat kuat sehingga dapat menambah kekuatan kaca, selain itu fungsi film ini adalah menjaga jika terjadi benturan kaca akan tetap menempel pada film nya. Kaca jenis ini dapat menahan sinar ultra violet hingga 96%.

 

Penggunaan Kaca Lamisafe

Digunakan untuk kaca depan mobil. Faktor kaca depan mobil menggunakan jenis Laminated:

  • Ketika kaca terkena benturan atau lemparan benda keras, pecahan kaca tidak akan berhamburan, terutama anggota badan, karena pecahan kaca menempel pada film.
  • Selain itu, pengendara masih dapat melihat jalan karena kerusakan kaca terkonsentrasi hanya pada daerah benturan.

 

Tips Merawat Mobil By Extreme Salon Mobil

1.  Bersihkan kaca jika terkena kotoran

  •  Jika terkena debu kering, bersihkan kaca menggunakan wool duster terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan kain microfiber. Hal ini dapat mengurangi terjadinya baret-baret halus pada kaca
  • Jika kaca terkena debu atau tanah basah, siram dengan air bersih secukupnya terlebih dahulu untuk mengangkat kotoran dari kaca, setelah itu keringkan dengan microfiber water magnet dan terakhir disempurnakan dengan microfiber towel.

2. Periksa kondisi wiper kendaraan

  • Periksa secara rutin kondisi wiper kendaraan, karena jika karet pada wiper sudah getas, akan mengakibatkan goresan pada kaca, gantilah wiper yang sudah rusak yang memiliki tanda kerusakan antara lain: karet nya sudah tidak lentur, terdapat retakan pada karet, dan jika wiper di gerakkan tidak menyapu air dengan sempurna.
  • Tidak mengoperasikan wiper pada saat kaca kering. terutama pada saat kondisi kaca berdebu dan kotor, karena akan mengakibatkan goresan halus pada kaca. Jika akan menggunakan wiper harus dalam keadaan basah dengan cara semprotkan washer glass terlebih dahulu kemudian baru mengoperasikan wiper.
  • Periksa secara rutin isi tangki cairan wiper untuk memastikan tangki selalu terisi air
  • Untuk menjaga agar karet tidak cepat rusak/getas , dianjurkan saat mobil terparkir di terik matahari sebaiknya angkat gagang wiper dari kaca, supaya panas matahari yang mantul dari kaca depan tidak berhadapan langsung pada karet wiper.

3. Periksa sisa pembersih kaca saat melakukan treatment sendiri dirumah

  • Jika menggunakan cairan concentrate pembersih kaca, pastikan sisa cairan di lap sampai bersih, jangan sampai tertinggal dan mengering sendiri di kaca, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kaca.  Janis kerusakan yang mengakibatkan adalah: rusaknya struktur kaca, terkelupasnya ceramic pada kaca, kaca menjadi buram, terkelupasnya defogger (kaca belakang), timbulnya jamur atau water spot.
  • Sebaiknya gunakan cairan pembersih kaca yang memiliki PH normal (7), tidak memiliki keasaman yang tinggi sehingga tidak merusak struktur kaca.

CONTOH KERUSAKAN PADA KACA YANG SERING TERJADI

  1. Kerusakan pada kaca yang terjadi jika saat peroses membersihkan kaca, cairan pembersih kaca didiamkan atau tertinggal sampai mengering sendirinya
  2. Kerusakan kaca yang terjadi jika terkena (air cuci, air hujan, air kotor, kotoran hewan) yang tidak segera di bersihkan
  3. Kerusakan kaca yang terjadi jika wiper bergerak terus menerus saat kaca mobil dalam keadaan kering dan berdebu.

Cukup sekian sharing kami mengenai perawatan kaca dan contoh kerusakan pada kaca, jika anda tidak memiliki waktu untuk merawat kaca bisa dipercayakan dengan Salon Mobil terdekat. Kami Extreme Salon Mobil juga memiliki beberapa paket perawatan kaca mobil, Klik disini

Salam,

 

BOOKING SEKARANG JUGA….!

LOGO EXTREME
No hp: 0812 2655 8383
Bbm: 51794885

IMG_20150206_150602
Email: salonmobilextreme@gmail.com
Alamat: Jl palagan tentara pelajar km 10,5 Rejodani, Sleman Yogyakarta.