Belajar Membersihkan Jok Mobil Sendiri yuk…

Setelah beberapa bulan lalu kita melakukan perjalanan bersama keluarga merayakan hari raya ataupun hanya sektar liburan, kini saatnya membersihkan bagian kabin mobil. Memang memerlukan waktu banyak, apalagi dikerjakan sendiri….

Tidak ada yang sulit untuk membersihkan noda di kabin. Berikut langkah-langkahnya..

1. Usahakan dalam melakukan pembersihan ini dilakukan pada tempat yang tidak banyak debu

2. Sedot smua debu dan kotoran yang berada pada kabin dan dilanjutkan pembersihan pada jok ataupun doortrim

3. Bahan jok terbagi menjadi 3, Fabric, Sintetis serta Kulit. Untuk bahan fabric termasuk paling sulit untuk membersihkan. Jika Belum parah bisa menggunakan bahan foam, jika sudah parah tak disarankan untuk dibersihkan, karena kesalahan sikat yang digunakan akan membuat jok menjadi rusak permukaannya atau bahasa jawanya mbrodoli.. :D. Prosesnya jika sudah parah yaitu bahan dilepas dari jok, direndam, dan dibersihakan kemudian dikeringkan seperti membersihkan kain…Memerlukan waktu lama dan tidak direkomendasikan.

4. Berbeda dengan bahan Sintetis, untuk bahan yang banyak beredar di indonesia yaitu Mbtech, nah Mbtech ini menyediakan pembersihnya yaitu Mbtech Cleaner.

5. Bisa juga ketika membersihkan bahan sintetis yaitu bisa membeli APC atau All Purpose Cleaner yang dijual di Ace hardware atau di swalayan besar. Caranya yaitu, menyemprotkan ke bagian yang kotor APC, kemudian gunakan sikat gigi yang paling halus untuk menyikat, tidak perlu tenaga untuk menyikatnya, yang dikhawatirkan akan merusak lapisan sintetisnya. Lalu di keringkan dengan chamois dan keringkan dengan microfiber

Idealnya membersihkan interior yaitu ketika terlihat kotoran menempel di jok atau interior lainnya segera lakukan pembersihan supaya tidak lama menempel dan kepanasan sehingga sulit diangkat menggunakan APC tadi. Walau terlihat mudah namun harus hati-hati memilih obat ini ya, hindari penawaran obat-obat untuk interior yang dapat menghilangkan noda tinta karena obat itu sangat keras, bisa jadi ada perubahan warna pada doortrim dengan finishing cat ataupun pada bahan jok sintetis yang sensitif…